PERTANYAAN DAN JAWABAN TENTANG KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK



1.      Jelaskan pengertian karakteristik peserta didik ditinjau dari berbagai dimensi !
Menurut sudirman (1990) :
Karakteristik siswa adalah keseluruhan pola kelakuan dan kemampuan yang ada pada siswa sebagai hasil dari pembawaan dari lingkungan sosialnya sehingga menentukan pola aktivitas dalam meraih cita – citanya.
Menurut Hamzah. B. Uno (2007) :
Karakteristik siswa adalah aspek – aspek atau kualitas perseorangan siswa yang terdiri dari minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar kemampuan berfikir dan kemampuan awal yang dimiliki.
Menurut kelompok kami :
Karakteristik peserta didik adalah ciri khas atau kualitas yang dimiliki setiap individu peserta didik sebagai hasil dari faktor – faktor yang mempengaruhinya, seperti keturunan, latar belakang, lingkungan, dan pendidikan sehingga menentukan pola hidupnya.

2.      Jelaskan mengapa kita guru perlu memahami pengertian karakteristik peserta didik!
Karena dalam suatu proses pembelajaran guru di tuntut untuk menyiapkan suatu rencana pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan kebutuhan peserta didik. Agar proses pembelajaran dapat mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan. Maka seseorang guru perlu mengetahui karakter setiap peserta didik.

3.      Jelaskan perbedaan karakter peserta didik, kepribadian, dan konsep diri!
·      karakteristik peserta didik cenderung mengarah ke tipe ekstrovets cenderung menampakkan ciri-ciri aktif,periang,mudah bersosialisasi, aktif bicara, dan memiliki kemampuan untukemgambil bagian atau peran dalam kelompok.
·    kepribadian peserta didik mengarah ke tipe introvert cenderung menampakkan ciri ciri memiliki kontrol diri yang baik, pemalu, suka menyendiri dan mengarah ke tipe neurosis cenderung menampakkan ciri-ciri mudah tegang, cemas dan pemurung bahkan jika gugup mudah berkeringat dan pucat.
·    konsep diri mencakup keyakinan, pandangan dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri.

4. Jelaskan keterkaitan antara pertumbuhan dan perkembangan manusia dalam pembentukan karakteristik peserta didik !
a.       Perkembangan ini meliputi faktor perkembangan kecerdasan, moral dan emosional peserta didik. Secar pandangan ahli tersebut menunjukkan bahwa setiap perkembangan manusia terdiri dari beberapa tahapan meskipun masing-masing memiliki perbedaan pembatasan umur dalam suatu perkembangan manusia namun pada umumnya mereka membedakan tahapan mulai dari masa bayi,anak-anak, reemaja dan dewasa. Tiap tahapan masa yang dilalui seorang anak mempunyai karakteristik yang tidak sama yang menggambarkan perubahan tingkat kemampuan inteletual dan kualitas moral serta emosional.
b.      Petumbuhan membutuhkan makanan dan nutrisi, dengan begitu menyebabkan petumbuhan fisiknya mengalami pertumbuhan. Kecepatan pertumbuhan tiap manusia berbeda, tergatung pada faktor bawaan ( genetika) dan kualitas makanan.
Pertumbuhan dan perkembangan yang dialami oleh seseorang selalu berkaitan dan tidak terpisahkan sehungga pertumbuhan fisik yang baik memungkinkan mendukung pekembangan karaker peserta didik dan sebaliknya apabila pertumbuhan fisik yang dialami oleh peserta didik kurang baik bisa menghambat perkembangan karakter kepribadian.

5. Jelaskan perbedaan faktor bawaan dan lingkungan dalam hal pengaruhnya terhadap karakter peserta didik!
a.       Faktor Bawaan sifat atau karakter yang dimiliki oleh orang tua individu yang melekat pada gen, sehingga sifat dan karakter orang tua diturunkan pada anaknya. Maksa secara langsung anak cenderung sama atau mirip dengan karakter orang tuanya.
b.      Faktor lingkungan memiliki pengaruh terhadap peserta didik sebab perkembangan peserta didik akan baik apabila keluarga baik dan juga kondusif. Lingkungan sekolah yang kondusif dan mendukung akan membantu megatasi dan meminimalisasi permasalahan yang berhubungan dengan karakter peserta didik, sehingga dengan keadaan lingkungan sekolah yang mendukung akan membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan optimal. Lingkungan masyarakat ini juga memiliki peran dalam pembentukan perkembangan peserta didik lingkungan ini berwujud bentuk linggkungan bersih atau kumuh.

6. Bagaimana menurut Anda, jika lingkungan sangat kuat dalam mempengaruhi kepribadian peserta didik!
Lingkungan memang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Peserta didik membutuhkan lingkungan yang baik dan kondusif untuk membentuk kepribadiannya yang baik. Seperti lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dengan demikian, sebagai orang tua untuk menciptakan atau membuat lingkungan keluarga yang baik untuk anak, seperti selalu memberi kenyamanan, saling menghargai satu sama lain, dan menanamkan nilai – nilai baik, agar dasar kepribadian anak terbentuk sejak dini. Tidak hanya lingkungan keluarga, tetapi sekolah dan masyarakat juga penting dalam membentuk kepribadian anak. jadi, kita harus pintar dalam memilih lingkungan yang nyaman dan cocok untuk keluarga kita khususnya anak atau peserta didik dalam membentuk kepribadian.

Komentar

  1. Jelaskan bagaimana keterkaitan antara pertumbuhan dan perkembangan manusia dalam pembentukan karakteristik peserta didik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. a. Perkembangan ini meliputi faktor perkembangan kecerdasan, moral dan emosional peserta didik. Secar pandangan ahli tersebut menunjukkan bahwa setiap perkembangan manusia terdiri dari beberapa tahapan meskipun masing-masing memiliki perbedaan pembatasan umur dalam suatu perkembangan manusia namun pada umumnya mereka membedakan tahapan mulai dari masa bayi,anak-anak, reemaja dan dewasa. Tiap tahapan masa yang dilalui seorang anak mempunyai karakteristik yang tidak sama yang menggambarkan perubahan tingkat kemampuan inteletual dan kualitas moral serta emosional.
      b. Petumbuhan membutuhkan makanan dan nutrisi, dengan begitu menyebabkan petumbuhan fisiknya mengalami pertumbuhan. Kecepatan pertumbuhan tiap manusia berbeda, tergatung pada faktor bawaan ( genetika) dan kualitas makanan.
      Pertumbuhan dan perkembangan yang dialami oleh seseorang selalu berkaitan dan tidak terpisahkan sehungga pertumbuhan fisik yang baik memungkinkan mendukung pekembangan karaker peserta didik dan sebaliknya apabila pertumbuhan fisik yang dialami oleh peserta didik kurang baik bisa menghambat perkembangan karakter kepribadian.

      Hapus
  2. Bagaimana agar pendidik mengetahui karakteristik peserta didik??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lakukanlah komunikasi dan pengamatan terhadap sikap siswa selama pembelajaran berlangsung. Melalui kegiatan ini kita bisa mengenal sifat siswa dan gaya belajar mereka. Berikutnya kita lakukan asessment diagnosis melalui wawancara atau angket.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERTANYAAN DAN JAWABAN TENTANG TEORI PERKEMBANGAN MORAL

PERTANYAAN DAN JAWABAN TENTANG TEORI PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME