PERTANYAAN DAN JAWABAN TENTANG KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
1.
Jelaskan
pengertian karakteristik peserta didik ditinjau dari berbagai dimensi !
Menurut sudirman (1990) :
Karakteristik siswa adalah keseluruhan
pola kelakuan dan kemampuan yang ada pada siswa sebagai hasil dari pembawaan
dari lingkungan sosialnya sehingga menentukan pola aktivitas dalam meraih cita
– citanya.
Menurut Hamzah. B. Uno (2007) :
Karakteristik siswa adalah aspek – aspek
atau kualitas perseorangan siswa yang terdiri dari minat, sikap, motivasi
belajar, gaya belajar kemampuan berfikir dan kemampuan awal yang dimiliki.
Menurut kelompok kami :
Karakteristik peserta didik adalah ciri
khas atau kualitas yang dimiliki setiap individu peserta didik sebagai hasil
dari faktor – faktor yang mempengaruhinya, seperti keturunan, latar belakang,
lingkungan, dan pendidikan sehingga menentukan pola hidupnya.
2.
Jelaskan
mengapa kita guru perlu memahami pengertian karakteristik peserta didik!
Karena dalam suatu proses pembelajaran
guru di tuntut untuk menyiapkan suatu rencana pembelajaran yang sesuai dengan materi
pembelajaran dan kebutuhan peserta didik. Agar proses pembelajaran dapat
mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan. Maka seseorang guru perlu
mengetahui karakter setiap peserta didik.
3.
Jelaskan
perbedaan karakter peserta didik, kepribadian, dan konsep diri!
· karakteristik peserta didik cenderung
mengarah ke tipe ekstrovets cenderung menampakkan ciri-ciri aktif,periang,mudah
bersosialisasi, aktif bicara, dan memiliki kemampuan untukemgambil bagian atau
peran dalam kelompok.
· kepribadian peserta didik mengarah ke
tipe introvert cenderung menampakkan ciri ciri memiliki kontrol diri yang baik,
pemalu, suka menyendiri dan mengarah ke tipe neurosis cenderung menampakkan
ciri-ciri mudah tegang, cemas dan pemurung bahkan jika gugup mudah berkeringat
dan pucat.
· konsep diri mencakup keyakinan,
pandangan dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri.
4. Jelaskan
keterkaitan antara pertumbuhan dan perkembangan manusia dalam pembentukan
karakteristik peserta didik !
a. Perkembangan
ini meliputi faktor perkembangan kecerdasan, moral dan emosional peserta didik.
Secar pandangan ahli tersebut menunjukkan bahwa setiap perkembangan manusia
terdiri dari beberapa tahapan meskipun masing-masing memiliki perbedaan
pembatasan umur dalam suatu perkembangan manusia namun pada umumnya mereka
membedakan tahapan mulai dari masa bayi,anak-anak, reemaja dan dewasa. Tiap
tahapan masa yang dilalui seorang anak mempunyai karakteristik yang tidak sama
yang menggambarkan perubahan tingkat kemampuan inteletual dan kualitas moral
serta emosional.
b. Petumbuhan
membutuhkan makanan dan nutrisi, dengan begitu menyebabkan petumbuhan fisiknya
mengalami pertumbuhan. Kecepatan pertumbuhan tiap manusia berbeda, tergatung
pada faktor bawaan ( genetika) dan kualitas makanan.
Pertumbuhan dan perkembangan yang
dialami oleh seseorang selalu berkaitan dan tidak terpisahkan sehungga
pertumbuhan fisik yang baik memungkinkan mendukung pekembangan karaker peserta
didik dan sebaliknya apabila pertumbuhan fisik yang dialami oleh peserta didik
kurang baik bisa menghambat perkembangan karakter kepribadian.
5. Jelaskan
perbedaan faktor bawaan dan lingkungan dalam hal pengaruhnya terhadap karakter
peserta didik!
a. Faktor
Bawaan sifat atau karakter yang dimiliki oleh orang tua individu yang melekat
pada gen, sehingga sifat dan karakter orang tua diturunkan pada anaknya. Maksa
secara langsung anak cenderung sama atau mirip dengan karakter orang tuanya.
b. Faktor
lingkungan memiliki pengaruh terhadap peserta didik sebab perkembangan peserta
didik akan baik apabila keluarga baik dan juga kondusif. Lingkungan sekolah
yang kondusif dan mendukung akan membantu megatasi dan meminimalisasi
permasalahan yang berhubungan dengan karakter peserta didik, sehingga dengan
keadaan lingkungan sekolah yang mendukung akan membantu peserta didik dalam
mencapai tujuan pembelajaran dengan optimal. Lingkungan masyarakat ini juga
memiliki peran dalam pembentukan perkembangan peserta didik lingkungan ini
berwujud bentuk linggkungan bersih atau kumuh.
6. Bagaimana
menurut Anda, jika lingkungan sangat kuat dalam mempengaruhi kepribadian
peserta didik!
Lingkungan
memang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
Peserta didik membutuhkan lingkungan yang baik dan kondusif untuk membentuk
kepribadiannya yang baik. Seperti lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Dengan demikian, sebagai orang tua untuk menciptakan atau membuat lingkungan
keluarga yang baik untuk anak, seperti selalu memberi kenyamanan, saling
menghargai satu sama lain, dan menanamkan nilai – nilai baik, agar dasar kepribadian
anak terbentuk sejak dini. Tidak hanya lingkungan keluarga, tetapi sekolah dan
masyarakat juga penting dalam membentuk kepribadian anak. jadi, kita harus
pintar dalam memilih lingkungan yang nyaman dan cocok untuk keluarga kita
khususnya anak atau peserta didik dalam membentuk kepribadian.
Jelaskan bagaimana keterkaitan antara pertumbuhan dan perkembangan manusia dalam pembentukan karakteristik peserta didik?
BalasHapusa. Perkembangan ini meliputi faktor perkembangan kecerdasan, moral dan emosional peserta didik. Secar pandangan ahli tersebut menunjukkan bahwa setiap perkembangan manusia terdiri dari beberapa tahapan meskipun masing-masing memiliki perbedaan pembatasan umur dalam suatu perkembangan manusia namun pada umumnya mereka membedakan tahapan mulai dari masa bayi,anak-anak, reemaja dan dewasa. Tiap tahapan masa yang dilalui seorang anak mempunyai karakteristik yang tidak sama yang menggambarkan perubahan tingkat kemampuan inteletual dan kualitas moral serta emosional.
Hapusb. Petumbuhan membutuhkan makanan dan nutrisi, dengan begitu menyebabkan petumbuhan fisiknya mengalami pertumbuhan. Kecepatan pertumbuhan tiap manusia berbeda, tergatung pada faktor bawaan ( genetika) dan kualitas makanan.
Pertumbuhan dan perkembangan yang dialami oleh seseorang selalu berkaitan dan tidak terpisahkan sehungga pertumbuhan fisik yang baik memungkinkan mendukung pekembangan karaker peserta didik dan sebaliknya apabila pertumbuhan fisik yang dialami oleh peserta didik kurang baik bisa menghambat perkembangan karakter kepribadian.
Bagaimana agar pendidik mengetahui karakteristik peserta didik??
BalasHapuslakukanlah komunikasi dan pengamatan terhadap sikap siswa selama pembelajaran berlangsung. Melalui kegiatan ini kita bisa mengenal sifat siswa dan gaya belajar mereka. Berikutnya kita lakukan asessment diagnosis melalui wawancara atau angket.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus